Tetap Update Linux mu!

Mengupdate sistem Linux bisa menjadi hal menyenangkan, karena dengan selalu memperbaharui sistem Linux, maka kita akan selalu mendapatkan patch terbaru atau bahkan fitur terbaru dari sebuah software yang sudah terinstal. Meskipun begitu versi terbaru dari sebuah software tetap bergantung pada developer distro kita, karena bisa jadi versi yang didapatkan lebih rendah dari distro lain atau bahkan mungkin lebih tinggi.

update

Sebagai contoh distro CentOS, umumnya berisi software yang sudah cukup jadul jika dibandingkan dengan Ubuntu. Mengapa begitu ? Karena CentOS yang merupakan turunan langsung dari Red Hat Enterprise Linux yang menyasar pada keperluan server-server Linux, yang tidak selalu memerlukan update yang sering. Oleh karena itu ada beberapa anggapan yang sedikit mengharamkan sistem Linux untuk langsung diupdate, yaitu server-server production yang sudah berjalan dengan baik. Ada baiknya kita memiliki sistem yang memiliki kemiripan dengan server production, dan mencoba melakukan update pada sistem tersebut terlebih dahulu. Sehingga jika ada gangguan pada update terbaru bisa diidentifikasi dan tidak akan langsung mempengaruhi server production yang sedang berjalan.

Sedangkan distro Ubuntu ataupun Fedora, selalu menawarkan update terbaru. Itulah mengapa Ubuntu dan Fedora sangat cocok untuk dijadikan sistem pada desktop kita.

Berikut adalah perintah yang digunakan untuk mengupdate distro Redhat, Fedora atau CentOS  :

# yum update

Sedangkan apabila menggunakan distro Linux turunan Ubuntu, gunakan perintah :

# apt-get update

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.

Theme: Overlay by Kaira