Instalasi CentOS 6.5

Sat. April 19, 2014
Categories: Linux
Tags: ,

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada saat instalasi CentOS adalah :

1. Pengaturan partisi harddisk

Untuk pemilihan partisi, sebaiknya gunakan Custom Layout (lihat gambar langkah 10), agar layout harddisk nantinya benar-benar sesuai dengan keinginan.

Bagi kebanyakan pemula sebenarnya hal ini cukup membingungkan, termasuk saya :). Namun jika hanya untuk mencoba-coba fitur CentOS nya, cukup 2 partisi saja yaitu partisi swap dan partisi root ‘/’. Untuk ukuran partisi swap, ada yang mengatakan 2x RAM, namun jika ukuran harddisk menjadi masalah minimal 2 GB saja sudah cukup.

Lain halnya kalau mau mencoba pembagian harddisk dengan cara lain, misalnya menggunakan LVM atau RAID software, sebaiknya dipersiapkan lebih matang. Apalagi jika nantinya akan dijadikan server production, tentunya akan menjadi tidak bijaksana jika tidak mempertimbangkan faktor-faktor lain, seperti backup, redundansi, dan lain-lain.

2. Pemilihan paket program yang akan diinstalasi

Dahulu kala, saya butuh berjam-jam untuk menentukan paket apa saja yang akan diinstalasikan ke sistem Linux saya. Pada tahap ini, cukup pilih Desktop ataupun Basic Server. Jikalau membutuhkan paket lainnya masih dapat diunduh setelah sistem selesai diinstalasikan, dan tentunya kembali lagi ke pertanyaan ‘untuk apakah CentOS ini digunakan nantinya ?’.

Screenshot from 2014-04-13 08:27:21

SCREENSHOOT INSTALASI CENTOS

No Comments

(Required)
(Required, will not be published)

Time limit is exhausted. Please reload CAPTCHA.